curanmor kendari
Puluhan motor hasil kejahatan curanmor diamankan Polda Sultra. (KABARKENDARI/EGI)

Kabarkendari.com – Putus sekolah dan tidak punya pekerjaan, membuat lima bocah di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, ditangkap kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Kelimanya adalah HE, RE, AB, RA, dan IS.

Mereka diamankan di kediaman masing-masing dalam waktu hampir bersamaan oleh anggota Buru Sergap (Buser) Polres Kendari, Jumat 11 November 2016, pukul 02.00 Wita dini hari. Berawal dari penangkapan HE, kemudian berkembang dan menangkap empat pelaku lain. HE mengaku, dalam aksi pencurian tidak sendiri melainkan dibantu oleh RE, AB, RA, dan IS.

BACA JUGA: Banyak Curanmor, Satlantas Polres Kendari Gelar Razia

Kepala Unit Buser Polres Kendari, Ajun Inspektur Polisi Satu (AIPTU) Ben Boy mengatakan, penangkapan ini berdasarkan laporan masyarakat yang kecurian motor.

“HE sudah menjadi target operasi. Kami sering mendapatkan laporan kalau HE sering mengendarai motor yang bukan miliknya. Motor yang dibawah sesuai dengan laporan polisi yang masuk ke kami,” katanya.

Saat penangkapan, polisi menemukan barang bukti berupa motor Mio J di dalam rumah HE. Nomor mesin dan nomor rangka motor tersebut telah dihapus. HE langsung digelandang ke Mapolres Kendari untuk dimintai pertanggung jawabannya. Namun sebelum itu, polisi sempat melakukan dua kali penangkapan di Kelurahan Anduonohu dan Kelurahan Wuawua untuk menangkap RE, AB, RA, dan IS.

“Mereka berteman. Herannya kami mereka masih berumur 17 dan 16 tahun. Kami juga heran anak-anak dengan kondisi ini berani melakukan pencurian. Kami akan mendalami para pelaku, mungkin saja ada orang yang menyuruh melakukan hal ini,” katanya.

Kelimanya kini sudah ditangani penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Kendari. Kasat Reskrim Polres Kendari Ajun Komisaris Polisi Yunan HP Sirait mengatakan, kelimanya kini sudah ditetapkan tersangka. Walau masih berstatus di bawah umur namun HE, RE, AB, RA, dan IS tetap ditahan. Kelima anak ini dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

BACA JUGA: Polres Konsel Tangkap Empat Pelaku Curanmor

“Sementara ditangani. Kami akan melakukan penyidikan tapi anak-anak ini harus didampingi juga oleh Dinas Sosial Kendari. Karena masih anak-anak makanya harus didampingi,” katanya.

Yunan mengimbau bagi orang tua agar selalu menjaga dan mengawasi anak-anaknya. Menurutnya, HE, RE, AB, RA, dan IS ini melakukan kejahatan karena kurang pengawasan orang tua.

Penulis: Kamarudin
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...