Ilustrasi Ilegal Loging
Ilustrasi. (KABARKENDARI/UNSPLASH)

Kabarkendari.com – Polisi dan Jaksa saling tuding atas hilangnya berkas perkara seorang tersangka kasus ilegal loging di Sulawesi Tenggara.

Rahmat, jaksa di Kejaksaan Tinggi Sultra yang disebut menangani kasus ini mengaku tidak tahu soal berkas perkara La Ode Falihi.

“Tidak ada berkasnya di kejaksaan. Saya tidak pernah menerima berkas tersangka La Ode Falihi,” katanya, Jumat 16 September 2016.

Polisi menuding jaksa yang menangani kasus ini sengaja menyembunyikan berkas perkara. Kepala Sub Bidang Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi atau Kasubbid PID Polda Sultra, Komisaris Polisi Dolfi Kumaseh, mengatakan penyidik telah mengirim telah mengirim berkas BAP La Ode Falihi sejak sebulan lalu.

“Masa tidak ada berkasnya, sementara kami sudah mengirim berkasnya sejak satu bulan lalu. Kalau tidak ada di kejaksaan terus kemana berkas itu. Masa hilang di jalan,” katanya.

Polisi menilai jaksa terkesan bermain-main dalam menyelidiki berkas perkara tersebut. Pasalnya, telah beberapa kali berkas BAP tersebut dinyatakan belum lengkap. Namun ketika dilengkapi oleh penyidik, berkas tersebut tidak dianggap lengkap juga.

“Ini sudah beberapa kali kami kirim berkasnya. Bolak-balik terus berkasnya tersangka La Ode Falihi ini. Kami sudah lengkapi semua berkasnya,” kata Dolfi.

Kasus La Ode Falihi ini memang sudah beberapa bulan mandek. Setelah aparat kepolisian menetapkan La Ode Falihi sebagai tersangka dalam kasus ilegal loging, terkait kepemilikan empat kontainer kayu diduga ilegal.

Penulis: Kamarudin
Editor : Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...