KPU Buton
Anggota KPU Kabupaten Buton, La Rusuli. (KABARKENDARI/PANDI)

KabarKendari.com–Komisi Pemilihan Umum atau KPU Buton, pada Senin 14 November 2016 membolehkan pasangan Hamin-Farid untuk membawa berkas pencalonan jika telah lengkap. Namun, jika KPU Buton masih melihat ada yang kurang maka akan digugurkan.

BACA JUGA: Tantang Umar Samiun, Ini Harta Kekayaan Hamin

Anggota KPU Buton La Rusuli mengatakan pihaknya telah membuat tahapan, jadwal dan program pendaftaran ulang di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Buton 2017. “Jika kami ditanya tentang kesiapan maka KPU Buton sudah siap 100 persen menyelenggarakan tahapan ini,” katanya, Minggu 13 November 2016.

Rusuli mengulas, sebelum pendaftaran, KPU harus mengumumkan terlebih dahulu terhitung mulai 11 November sampai 13 November 2016. Selanjutnya, KPU membuka pendaftaran calon, dan pada Senin 14 November sampai 16 November 2016.

Pada Pendaftaran kali ini, KPU Buton melihat hanya pasangan Hamin-Farid Bachmid yang sebelumnya gugatannya dikabulkan Paswaslu Buton. Sedangkan Samsu Umar Samiun-La Bakri, tidak perlu lagi mendaftar kembali karena sebelumnya seluruh syarat telah dipenuhi.

Untuk itu Rusuli, mengingatkan kepada pasangan Hamin-Farid untuk melengkapi berkas pencalonannya bila masih kurang maka KPU Buton tetap tunduk pada aturan untuk menggugurkan pasangan calon itu. Berkas yang harus disertakan salah satunya yaitu surat keputusan partai politik sebagai dukungan pasangan calon yang bersangkutan.

Peraturan KPU tidak pernah berubah dari pusat hingga di daerah, misal saja tentang Surat Keputusan dukungan harus dicap dan ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal.

BACA JUGA: Jika Tak Penuhi Syarat Ini, KPU Akan Kembali Tolak Pencalonan Hamin-Farid

Bila Hamin-Farid dinyatakan berkasnya lengkap, berikut SK dukungan parpol yang sah, KPU pastinya akan menjadwalkan tes kesehatan dan psikologi paslon ini.

Pendaftaran ulang Pilikada Buton ini merupakan amar putusan dari sengketa di Panwaslu Buton yang sebagai pelapor pasangan Hamin-Farid.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor: Suwarjono

Facebook Comments
loading...