Kendari Smart Card
Kepala Perwakilan BI Sultra dan Sekot Kendari menunjukan Kendari Smart Card. (KABARKENDARI/Pandi

Kabarkendari.com – Dalam rangka mendorong gerakan nasional non-tunai di lingkup Pemerintah Kota Kendari, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sultra melakukan kampanye dan sosialisasi penggunaan Kendari Smart Card sebagai alat pembayaran di kantin Pemkot Kendari, Selasa 27 September 2016.

Kepala Perwakilan BI Sultra, Dian Nugraha mengatakan, dengan adanya Kendari Smart Card, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Kendari bisa langsung berbelanja di kantin dengan non-tunai. Sebab, Kendari Smart Card dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

Dian mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BI dan Pemkot Kendari pada 25 Juni 2015 tentang transaksi keuangan non-tunai di lingkungan Pemkot Kendari. MoU ditandatangani Kepala Perwakilan BI Sultra, Wali Kota Kendari, dan pimpinan PT BRI Kendari

“Saat ini hampir seluruh PNS Pemkot Kendari telah memiliki Kendari Smart Card yang dapat berfungsi sebagai uang elektronik meskipun penggunaannya dinilai belum optimal,” kata Dian.

Pihak BRI selaku penyedia Kendari Smart Card, tambah dia, telah memasang beberapa electronic data capture (EDC) di kantin lingkup Pemkot Kendari dan Bus Trans Lulo untuk mendorong penggunaan Kendari Smart Card sebagai alat pembayaran.

“Kampanye penggunaan Kendari Smart Card sebagai alat pembayaran merupakan upaya bersama dari BI dan Pemkot Kendari yang didukung oleh BRI, untuk menyukseskan implementasi transaksi non tunai guna mewujudkan Kendari menjadi smart city.

Dian menuturkan, selain untuk kalangan PNS, uang elektronik juga dapat dimiliki oleh masyarakat luas dengan menghubungi perbankan dan perusahaan lain yang telah menyediakan layanan uang elektronik.

Sementara itu, Sekretaris Kota Kendari, Alamsyah Lotunani mengaku, sangat mengapresiasi adanya kerja sama yang terbangun. Pasalnya, PNS pemkot sudah makin dimudahkan berbelanja tanpa menggunakan uang tunai lagi.

“Saya berharap kerjasama ini terus berlanjut, bukan hanya terjadi di Pemkot Kendari tapi juga di tempat-tempat umum lainnya,” katanya.

Di tempat yang sama, Operational Manager BRI Cabang Kendari Samratulangi, Rizqi Darajat mengatakan, smart card itu bisa dibelanjakan pada pusat perbelanjaan yang berlogo Brizzi dan saldonya bisa diisi langsung ke BRI.

Dia mengingatkan, bagi pemilik smart card agar selalu hati-hati jangan sampai kartu tersebut hilang. Karena kartu tersebut tanpa memiliki PIN sebagaimana ATM.

“Jika kartu hilang saldo yang ada di kartu tersebut bisa langsung digunakan oleh orang lain,” imbuh Rizqi.

Penulis: La Ode Kasman
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...