http://forlap.dikti.go.id/
Laman resmi Kemenristek Dikti, Forlap Dikti.go.id. (KABARKENDARI)

Kabarkendari.com – Menyusul aksi protes sejumlah mahasiswa Universitas Halu Oleo Kendari yang mengaku tidak terdaftar di Dikti, bisa menimbulkan kekhawatiran mahasiswa maupun alumni UHO lainnya. Sebab, bila tidak terdaftar, maka boleh jadi anda adalah alumni atau mahasiswa ilegal.

Untuk mengetahui anda telah terdaftar di UHO, cukup membuka laman resmi Kemenristek Dikti, Forlap Dikti.go.id.

Setelah membuka situs resmi Forlap Dikti.go.id, anda bisa langsung mengklik menu berwarna biru yang terletak di sisi kanan atas website.

Setelah mengkliknya, akan muncul beberapa perintah. Anda tinggal mengklik pencarian data.

Di pencarian data ini, anda kembali digiring untuk memilih, pencarian data tentang akreditasi universitas, program studi dan mahasiswa.

Bagi mahasiswa atau alumni, untuk memastikan dirinya terdaftar identitasnya di Dikti, cukup mengklik pencarian data mahasiswa.

Setelah mengkliknya, anda akan diminta untuk mengisi kolom di antaranya, asal kampus, nama berdasarkan stambuk dan kolom kode yang telah disiapkan.

Sebelumnya, puluhan mahasiswa dan beberapa alumni UHO menggelar demo memprotes nama mereka tidak terdaftar di website resmi Dikti.

Koordinator lapangan M Hazratul Ansar mengaku, setelah dia mengecek namanya di website resmi Menristek Dikti, http.forlap. dikti, namanya tidak terdaftar sama sekali. Padahal, kata dia, dirinya salah satu mahasiswa yang selama ini kuliah di Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau FISIP UHO sejak 2014.

“Di Antropologi itu ada 500 orang lebih mahasiswa. Tapi yang terdaftar di Dikti hanya 99 mahasiswa,” ungkapnya, Selasa 24 Januari 2017.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...