Debat Pilwali Kendari
Ilustrasi. (INT)

Kabarkendari.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Kendari sudah membuat desain metode debat Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari 2017 yang akan digelar, Selasa 31 Januari 2017 di Grand Clarion Hotel Kendari.

Anggota KPU Kota Kendari, Ade Suerani mengatakan, pihaknya sudah merancang keseluruhan konsep debat maupun hal teknis lainnya.

“Dari sisi materi debat sudah disusun tim penyusun, rencana akan dirapatkan dengan tim penyusun lagi sore ini,” ungkap Ade Suerani, Senin 30 Januari 2017.

Dia menyebut, tim penyusun debat telah membuat sebanyak lima soal yang akan dibagi kepada tiga paslon. Masing-masing kandidat, akan memaparkan tiga soal yang diberikan.

“Sembilan soal diperuntukan setiap paslon dapat tiga,” katanya.

Di debat kedua ini, sebut Ade, akan dibagi sebanyak lima segmen. Pada segmen pertama, paslon langsung diberikan kesempatan untuk memaparkan visi misinya.

“Pada segmen pertama ini, paslon akan diberi waktu sebanyak 1,5 menit untuk memaparkan visi misinya dengan tema menyelesaikan persoalan daerah, menselaraskan program pembangunan kota, provinsi dan nasional serta memperkokoh NKRI,” jelas Ade.

“Masing-masing tema ini, paslon diberikan waktu 1,5 menit. Sehingga, bila tiga tema, maka setiap paslon akan memiliki waktu 4,5 menit,” tambahnya.

Di segmen kedua, giliran moderator yang akan memberika pertanyaan kepada paslon. Paslon diharapkan bisa mempertajam visi misinya kembali.

“Per-paslon dapat tiga soal dengan alokasi waktu 1,5 menit, paslon bisa berbicara sampai 4,5 menit,” ujarnya.

Pada segmen ketiga dan keempat, masing-masing paslon akan saling bertanya dan memberikan jawaban.

“Waktu mereka secara keseluruhan sekitar 10 menit untuk saling bertanya dan menjawab,” bebernya.

Di sesi kelima, paslon akan memberikan pernyataan penutup mengenai ajakan pilkada damai, menolak money politic, komitmen pemberantasan korupsi, dan mengajak hadirin untuk memilih mereka.

“Setiap paslon akan diberikan waktu selama 1,5 menit untuk closing statement,” pungkasnya.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...