Basarnas Kendari 115
Wahyudi, Humas Basarnas Kendari Memperlihatkan Stiker Emergency Call 115 Bebas Pulsa. (KABARKENDARI/Suwarjono)

Kabarkendari.com – Memasuki libur Natal dan Tahun baru 2017, Badan SAR Nasional Kendari memantau seluruh objek wisata di Sulawesi Tenggara.

Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, mengatakan kesiapsiagaan pada objek wisata diperlukan seiring tingginya kunjungan wisatawan saat libur Natal dan Tahun Baru.

“Untuk mencegah adanya korban saat berwisata, jajaran SAR Kendari bersiaga diseluruh tempat wisata sembari melakukan himbauan,” kata Wahyudi.

Wahyudi juga menghimbau pengunjung objek wisata agar tidak melakukan hal-hal yang membahayakan wisatawan itu sendiri.

“Contohnya di laut, agar selalu berhati-hati. Jika ingin menikmati wisata laut diingatkan agar seperlunya,” kata Yudi sapaan akrabnya.

Pengamanan ini serentak dilakukan oleh seluruh anggota SAR baik yang berada di Pos SAR Kolaka, Pos SAR Baubau dan Pos SAR Wakatobi.

“Seluruh anggota SAR katanya turun langsung melakukan pemantauan. Jika sewaktu-waktu ada kejadian maka pihaknya langsung melakukan pertolongan,” katanya.

Yudi mengatakan tidak pemantauan khusus terhadap salah satu objek wisata. Namun SAR Kendari tetap mempertimbangkan objek wisata yang padat pengunjung.

“Semoga tidak ada kejadian yang bisa mengakibatkan hilangnya nyawa. Kita tetap melakukan himbauan secara terus dan berpindah-pindah. Sewaktu-waktu diperlukan maka kita langsung bergerak,” ujarnya.

SAR Kendari memprediksi jumlah wisatawan akan terus bertambah hingga puncak perayaan tahun baru 2017.

Penulis: Kamarudin
Editor: Zainal A Ishaq

Facebook Comments
loading...