Basarnas Kendari
Zainal A Ishaq (Kanan) Pimpinan Redaksi Portal KabarKendari.com, Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, Kepala Pos Basarnas Wakatobi Muhamad Aris (kiri), Nur Amin SP sebagai HRD KabarKendari.com (KABARKENDARI/Suwarjono)

KabarKendari.com – Dalam beberapa pekan terakhir musibah kecelakaan laut banyak terjadi, membuat pihak Basarnas Kendari terus gencar mensosialisasikan layanan emergency call 115.

Humas Basarnas Kendari Wahyudi didampingi Kepala Pos Basarnas Wakatobi Muhamad Aris, saat bertandang, Rabu 10 Agustus 2016 di Kantor KabarKencari.com menjelaskan pihaknya terus melakukan sosialisasi panggilan darurat 115 ini melalui media sosial, stiker dan pihak media yang ada di Sulawesi Tenggara.

“Basarnas Kendari terus melakukan sosialisasi sampai kapan pun tentang layanan panggilan darurat ini agar musibah di laut atau di darat segera dilakukan evakuasi,” katanya.

Pihak Basarnas Kendari meminta kepada tim saat turun melakukan evakuasi atau semacamnya untuk menempel stiker emergency call 115 di kapal motor yang sering melakukan perjalan jauh, seperti antar pulau atau provinsi.

Mungkin saat ini lanjut Wahyudi, masyarakat belum membutuhkan nomor telepon tersebut namun suatu saat jika terjadi musibah atau kejadian nomor 115 ini akan dibutuhkan untuk meminta bantuan.

Basarnas Kendari berharap nomor emergency call 115 ini bisa disampaikan ke rekan atau keluarga. Selain itu SAR Kendari khusus pemilik atau kapten kapal motor meminta tetap mengutamakan keselamatan setiap akan melakukan perjalanan, seperti kondisi mesin dan alat keselamatan di dalam kapal.

“Memang mengecek kondisi mesin atau menyediakan alat keselamatan biasa dianggap simpel tetapi justru kedua ini yang penting dalam perjalan menuju ke tempat tujuan,” pungkasnya.

Pimpinan Redaksi KabarKendari.com Zainal A. Ishaq mengatakan pihaknya akan membantu mensosialisasikan emergency call 115 karena nomor telpon tersebut adalah nomor layanan publik yang akan digunakan setiap ada kejadian atau musibah.

“Sangat penting memang untuk mengingatkan kepada masyarakat nomor call 115 karena pada saat ini akan dibutuhkan, dan keuntungan lain nomor itu bebas pulsa,” katanya.

Sosialisasi itu sangat penting karena ini masalah nyawa manusia yang segera diselematkan. Zainal A.Ishaq yang saat menjabat sebagai Ketua AJI Kendari berharap kepada pemilik media yang ada di Sulawesi Tenggara untuk membantu mensosialisasikan.

Penulis :Gendis

 

Facebook Comments
loading...