Curanmor Kendari
Satuan Lalu Lintas Polres Kendari Melakukan Razia di Beberapa Titik Kota Kendari. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Maraknya pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Kota Kendari, Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres) Kendari menggelar razia di beberapa titik.

Kaurbin Ops Satlantas Polres Kendari Inspektur Dua Samsuddin mengatakan, seluruh kendaraan yang beroperasi di Kota Kendari akan dirazia. Seluruh surat-surat, baik Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) akan diperiksa.

“Razia ini berkaitan dengan tingginya curanmor dan jambret di Kota Kendari,” ungkap Samsuddin saat ditemui di sela operasi di kawasan MTQ Square Kendari, Selasa 1 November 2016.

Selain maraknya curanmor, razia ini merupakan langkah awal sebelum operasi Zebra yang rencananya akan dilakukan akhir bulan ini.

“Memang, untuk pencurian kendaraan angkanya menurun. Namun, ada satu kejadian dalam satu hari,” katanya.

Selain roda dua, lanjut dia, pihaknya ikut merazia pemilik kendaraan roda empat. Karena, biasanya pemilik kendaraan roda empat khususnya pete-pete, yang mengoperasikannya bukan pemiliknya melainkan sopir seref.

BACA JUGA: Polres Kendari Bongkar Sindikat Curanmor

“Makanya lalu lintas operasi rembang dua dan empat. Karena roda empat yang membawa adalah sopir seref dan kalau kecelakaan setengah mati urus surat-suratnya,” ujarnya.

Razia ini rencananya akan digelar dalam satu minggu ke depan di seluruh wilayah hukum Polres Kendari.

Bagi pemilik kendaraan yang tidak lengkap surat-suratnya, pihak Satlantas Kendari akan langsung menilang dan kendaraan akan jadi jaminannya.

“Tilang nanti dua alternatif, diselesaikan di pengadilan atau bayar di BRI. Kalau sudah bayar di BRI dan ditunjukkan resi pembayarannya, maka kendaraan langsung kita keluarkan,” tuturnya.

“Jumlah kendaraan, kita belum tahu berapa yang ditilang. Nanti setelah terkumpul samua baru disampaikan,” pungkasnya.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...