PAN Sultra Zulkifili Hasan
Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan dan Umar Samiun Bersama Pengurus DPD PAN Sultra di Baubau. (KABARKENDARI/Suwarjono)

KabarKendari.com – Beberapa pengurus Dewan Pimpinan Daerah atau DPD Partai Amanat Nasional atau PAN se-Sulawesi Tenggara mengeluarkan suara sumbang karena Ketua Pengembangan Organisasi Keanggotaan atau POK Dewan Pimpinan Pusat atau DPP PAN H Yandri Susanto tidak membacakan dan menyebutkan para Ketua DPD 17 kabupaten/kota terpilih.

Dugaan sementara Yandri Susanto POK DPP PAN sengaja tidak menyebutkan para Ketua DPD terpilih karena ada beberapa DPD belum disepakati meski hasil dari Musyawarah Daerah atau Musda Dewan Pimpinan Wilayah atau DPW PAN yang digelar di Kota Bau-bau pada Juni 2016 lalu telah menetapkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN terpilih di 17 kabupaten/kota se Sulawesi Tenggara.

BACA JUGA: Zulkifli Hasan Lantik Pengurus PAN se-Sulawesi Tenggara

Usai pelantikan Yandri Susanto mengatakan semua Ketua DPD PAN yang ada di Sulawesi Tenggara adalah wewenang Ketua DPW untuk menentukan siapa yang layak menjabat dan tentunya harus sesuai dengan aturan partai yang telah disepakati . “Untuk DPD di Kabupaten Buton dan Kabupaten Muna Barat sesuai dengan hasil Musda yaitu La Bakri sebagai DPD Kabupaten Buton yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Buton sementara DPD Muna Barat yaitu Rahmawati Badala,” katanya.

Namun pernyataan Yandri Susanto berbeda dengan keterangan yang diberikan Samsu Umar Samiun sebagai Ketua DPW PAN 2016 sampai 2021 terpilih.

Umar Samiun menegaskan jika Ketua DPD Muna Barat yaitu Rajiun bukan Rahmawati Badala. Lalu bagaimana status Rajiun yang masih berstatus pegawai negeri sipil, Umar Samiun menjawab dengan santai jika dirinya tetap akan memilih Rajiun dan semuanya bisa diatur.

DPD Buton pun sedikit terjadi polemik. Versi Musda untuk DPD Kabupaten Buton yaitu La Bakri, namun dirinya masih berstatus pegawai negeri sipil dan saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Buton. Umar Samiun sebagai Ketua DPW PAN menanggapi jika dirinya akan memikirkan tentang La Bakri. “Saya akan menentukan siapa DPD untuk di Kabupaten Buton,” pungkasnya.

Penulis: Gendis

Facebook Comments
loading...