Tim Sepak Bola UHO Kendari
Tim Sepak Bola UHO Kendari. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Tim sepak bola U-20 Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari akhirnya mampu menunjukkan kualitasnya dalam mengolah bola bundar di atas rumput pada level nasional. Mereka berhasil menyingkirkan lawan-lawannya dan keluar sebagai juara pada ajang Piala Kemenpora 2016.

Anak asuhan Jud dan Nandar Frasasti tersebut baru saja memboyong piala dalam ajang bergengsi itu setelah mengalahkan tim Universitas Islam Riau atau UIR di laga final dengan skor tipis 1-0, yang berlangsung di Stadion Gelora Sidoarjo Jawa Timur, Jumat pagi tadi, 9 September 2016.

Sebelumnya, UHO Kendari dan UIR sudah pernah bertemu di babak penyisihan grup A dengan hasil imbang 0-0.

Pada laga final ini, berlangsung dengan tensi tinggi sejak menit awal pertandingan. Namun, pasukan kampus hijau mampu menguasai lapangan dengan baik.

Pada menit ke-25, UHO memecah kebuntuan melalui sepakan jarak jauh Karfan. Dari jarak sekitar 30 meter, tendangan kerasnya tidak mampu dihalau oleh kiper UIR hingga akhirnya berbuah gol. Skor kacamata berubah menjadi 1-0 untuk UHO hingga turun minum.

Di babak kedua, UIR berbalik mengambil kendali keadaan. Permainan taktis dan keras diperagakan oleh kedua tim. Pada menit 60, salah satu pemain UHO Akbar melakukan tekling keras terhadap pemain UIR hingga berbuah kartu merah.

Bermain dengan jumlah 10 orang, tidak menyurutkan semangat juara anak UHO untuk mempertahankan skor kemenangannya.

Pelatih tim UHO, Jud mengaku, sempat kewalahan menghadapi serangan tim UIR di babak kedua ini. Karena, mereka ingin menyamakan skor.

“Saya pasang strategi serangan balik saja. Bertahan dan memanfaatkan peluang menyerang balik,” kata Jud melalui telepon selulernya, 9 September 2016.

Ternyata, strategi ini membuat anak asuhnya tetap mempertahankan skor kemenangan. Hingga pluit panjang dibunyikan, skor 1-0 tetap bertahan. Sorak sorai pemain menggema di stadion kebanggaan tim Deltras Sidoarjo itu.

“Alhamdulillah, kita bisa menjadi juara berkat semangat juang anak-anak dan tim pelatih serta asisten,” ungkapnya dengan nada gembira.

Prestasi ini, kata Jud, dipersembahkan untuk civitas akademika UHO dan masyarakat Sultra. Menurutnya, juara di level Nasional, baru pertama kali diperoleh dan menjadi sejarah baru bagi UHO.

“Ini pertama kali sejak keikutsertaan UHO di level nasional. Terimakasih kepada seluruh masyarakat yang mendoakan. Kita berhasil memboyong piala Kemenpora di Sultra untuk pertama kali,” ungkapnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...