usman rianse
Rektor Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari, Profesor Usman Rianse. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Mantan Rektor Universitas Halu Oleo Prof Usman Rianse mengatakan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau Menristekdikti, menunjuk Profesor Supriadi Rustad sebagai Pelaksana Harian atau Plh Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari, sangatlah tepat. Jangan membuat kontroversi kehadiran Supriadi karena akan semakin lama memiliki rektor definitive.

Supriadi Rustad juga pernah menduduki sebagai jabatan eselon II.a dilingkup instansi pemerintah. Plh UHO Kendari memiliki pengalaman manajerial paling rendah sebagai ketua jurusan atau ketua program studi atau kepala pusat paling singkat dua tahun di perguruan tinggi.

“ Hal ini sesuai dengan Peraturan Menristekdikti nomor 1 tahun 2015 yang telah diperbaharui dengan Peraturan Menristekdikti nomor 1 tahun 2016 dan silahkan buka dan membaca peraturan itu,” kata Usman Rianse, Rabu 30 November 2016.

Menristekdikti kata Usman, telah mempertimbangkan secara komprehensif atas penunjukan Prof Dr Supriadi Rustad sebagai Plh Rektor UHO.

Usman menambahkan selalu melihat sesuatu dari sisi positifnya untuk UHO Kendari yang kita cintai dan sebagai universitas terbesar di Sulawesi Tenggara. Jika pendapat ini berbeda dengan yang lain, mungkin saja orang itu milihatnya dari sisi yang lain dan hal itu sangat wajar tetapi yang harus diperhatikan yaitu bagaimana mengembangkan kampus dan melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang bisa diperhitungankan di tingkat nasioanal atau jika perlu di tingkat manca Negara.

Saat ini yang harus dilakukan adalah mendukung dan membantu Plh UHO Kendari agar sukses memimpin universitas. Terutama untuk menyelenggarakan pemilihan rektor atau Pilrek yang tertunda, sebanyak lima kali.

Semakin banyak kontroversi kata Usman, maka akan lama memiliki rektor definitif. “Masa depan UHO akan ditentukan kearifan kita, memahami kondisi transisi ini, dan seseorang tidak menjadi sesuatu jika Allah SWT tidak berkehendak ” ungkap Usman sembari berharap dan selalu berdoa agar UHO selalu damai dan harmonis siapapun rektornya.

Editor : Suwarjono

Facebook Comments
arminareka