Basarnas Kota Kendari
Pelatihan Potensi Water Rescue yang diadakan oleh kantor SAR Kendari dan diikuti 60 peserta dari berbagai instansi di Kota Kendari. (KABARKENDARI/EGI)

Kabarkendari.com – Kantor SAR Kendari menggelar Pelatihan Potensi Water Rescue. Pelatihan ini diberikan kepada 60 orang peserta, yang terdiri dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, Orari Kendari, Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), Tagana Kendari, dan KKP Kendari.

Ada beberapa pelajaran yang diberikan dalam kegiatan water rescue ini, di antaranya penyelaman, rescue bencana laut dan penyelamatan kapal yang terkena bencana. Dalam kegiatan ini menurut Kepala Humas Kendari Wahyudi, agar para peserta menjadi bagian dari Kantor SAR Kendari dalam melakukan penyelamatan. Selain itu agar masyarakat juga sigap dan tanggap bencana.

“Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari. Dilakukan sejak Senin kemarin hingga Rabu 30 November 2016 besok. Peserta ini dididik agar mengetahui bagaimana prosedur dan mekanisme water rescue,” kata Wahyudi.

Dalam kegiatan ini, para peserta diajarkan tentang pengenalan dan penggunaan alat selam. Materi selam ini dibawahkan langsung oleh personil Lanal atau TNI Angkatan Laut Kendari.

Tampak para peserta begitu serius memperhatikan instruktur yang membawakan materi. Harapannya, para peserya bisa mengetahui penggunaan alat-alat selam tersebut agar bisa menjadi penyelam dan tim rescue di bencana laut nantinya.

“Diajarkan tentang selam. Yah kan Penyelaman itu ada dua bagian pertama skuba set dan standar. Nanti bagian-bagian inilah yang diajarkan oleh Lanal Kendari. Semoga dengan pelajaran singkat ini bisa membuat para peserta paham cara atau prosedur penggunaannya,” jelasnya.

Penulis: Kamarudin
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
arminareka