Ketua DPRD Kota Kendari
Sumpah Jabatan Samsuddin Rahim Selaku Ketua DPRD Kota Kendari,Ia Menggantikan Abdul Rasak yang Maju Pilwali. Kendari, Kamis 1 Desember 2016. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Samsuddin Rahim resmi menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kota Kendari menggantikan Abdul Rasak yang sebelumnya telah mengundurkan diri karena maju Pilkada 2017.

Sumpah politikus Partai Amanat Nasional atau PAN Kota Kendari ini diambil langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Kendari Mustari dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kendari, Kamis 1 Desember 2016.

Pelantikan Samsuddin turut dihadiri Wali Kota Kendari Asrun, Wakil Wali kota Kendari Musadar Mappasomba, dan pejabat forum komunikasi pimpinan daerah atau Forkopimda Kendari.

Usai dilantik, Samsuddin mengaku, jabatan ketua DPRD Kendari merupakan amanah yang harus diembannya. Amanah ini, kata dia, merupakan tugas dan tanggung jawab untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat.

“Saya juga tidak menyangka mengemban tugas ini. Namun, ini adalah amanah yang harus saya laksanakan. Di mana pun, kita harus siap mengemban tugas tersebut dengan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Setelah mendapatkan kepercayaan sebagai pimpinan wakil rakyat, Syamsuddin mengaku, tugas pertama yang dilakukan adalah langsung melakukan konsolidasi dengan seluruh anggota dewan, termasuk evaluasi terhadap alat kelengkapan dewan dan internal sekretariat dewan.

“Kita akan berkoordinasi dengan seluruh pihak, baik di internal, dan masyarakat tentang dukungan membangun daerah,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari Asrun sangat bersyukur sudah adanya Pimpinan dewan. Dia berharap, kebersamaan selama ini antara Pemkot Kendari dan DPRD terus terjalin khususnya mendukung pembangunan di Kota Kendari.

“Saya berharap, Ketua yang baru bisa lebih maksimal bekerja dan terus mendukung kerja Pemkot dalam membangun Kota ini,” katanya.

Sebelumnya jabatan Ketua DPRD Kota Kendari dipegang Abdul Rasak. Namun, yang bersangkutan mundur karena maju Pilwali Kendari. Akhirnya, DPC PAN Kota Kendari mengusulkan empat nama anggota legislatif menggantikan Abdul Rasak. Adalah Aladin, Syamsuddin Rahim, Siti Nurhan dan Azrisal Pratama Putra. Dari empat nama itu, DPP PAN memutuskan menunjuk Syamsuddin Rahim karena yang bersangkutan adalah Sekretaris DPC PAN Kota Kendari dan telah memiliki pengalaman banyak selama berstatus wakil rakyat.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
arminareka