Universitas Halu Oleo
Gedung Rektorat UHO. (KABARKENDARI/SUWARJONO)

Kabarkendari.com – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi secara resmi telah menunjuk Profesor Supriadi Rustad sebagai Penjabat (Pj) Rektor Universitas Halu Oleo Kendari, sejak 23 November 2016. Namun, sampai hari Selasa 29 November 2016, dosen pascasarjana Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini belum menjalankan tugasnya.

Wakil Rektor (WR) II UHO Kendari, Profesor Hilaluddin Hanafi mengatakan, pihaknya belum mengetahui pasti waktu kedatangan Profesor Supriadi dan menjalankan tugas di UHO Kendari. Kendati demikian, kata dia, aktivitas di UHO tetap berjalan lancar.

“Sampai hari ini beliau belum masuk. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, beliau masih ke Semarang menyelesaikan tugasnya. Mungkin besok dia datang,” ujar Profesor Hilal, Selasa 29 November 2016.

Dia mengungkapkan, publikasi SK penunjukan Pj Rektor UHO Kendari akan dilakukan setelah Prof Supriadi berada di Kendari.

Sebelumnya, Kemenristekdikti terlambat mengeluarkan SK penunjukan rektor, meski sebenarnya jabatan Profesor Usman Rianse sebagai Rektor Universitas Halu Oleo Kendari berakhir hari ini, Rabu, 23 November 2016.

Sehingga, untuk mengantisipasi kekosongan jabatan rektor UHO, mestinya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah mengeluarkan SK penunjukan rektor paling lambat hari ini pada hari itu juga pukul 23.59. Namun, pihak UHO Kendari menerima SK penunjukan pada 24 November.

Menyusul hal itu, Ketua Senat UHO Kendari, Dr Aminuddin Mane Kandari, bilang jika SK dikeluarkan pada pukul 23.59 maka Kemenristekdikti melakukan pelanggaran administrasi berat.

“Harusnya memang SK keluar hari ini paling lambat pukul 23.59 Wita. Kalau tidak keluar Kemenristekdikti melakukan pelanggaran administrasi berat, tidak bisa kosong jabatan,” tegas Aminudfin.

Penulis: La Ode Kasman
Editor: Suwarjono

Facebook Comments
arminareka