usman rianse
Rektor Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari, Profesor Usman Rianse. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Mantan Rektor Universitas Halu Oleo Kendari, Profesor Usman Rianse, mendadak angkat bicara menanggapi pernyataan Profesor Barlian yang menyebut Profesor Supriadi Rustad tidak layak menjadi pelaksana harian rektor UHO.

“Beliau layak untuk jadi Plh Rektor UHO Kendari. Karena syarat rektor adalah mereka yang pernah jadi ketua jurusan minimal dua tahun, atau pernah menduduki jabatan eselon II sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 1 Tahun 2015 yang diperbaharui dengan Permeristekdikti Nomor 1 Tahun 2016,” jelas Profesor Usman, kepada kabarkendari.com, Rabu 30 November 2016.

Mantan rektor UHO dua periode ini menegaskan, rektor bukan jabatan eselon tetapi tugas tambahan. Sehingga menurut Prof Usman, Menristekdikti pasti sudah mempertimbangkan secara komprehensif atas penunjukkan Prof Supriadi Rustad sebagai Plh Rektor UHO Kendari.

“Saya selalu melihat sesuatu dari sisi positifnya buat UHO. Mungkin pendapat ini bisa berbeda dengan yang lain karena melihat dari sisi yang lain,” kata Prof Usman.

Prof Usman menambahkan, civitas akademika UHO harus membantu Prof Supriadi agar sukses memimpin UHO, terutama menyukseskan menyelenggarakan pemilihan rektor yang sempat tertunda lima kali.

“Sampai akhirnya beliau diamanahkan menjadi Plh Rektor UHO Kendari. Semakin banyak kontroversi, akan semakin lama kita memiliki rektor definitif,” tandasnya.

“Masa depan UHO akan ditentukan kearifan kita memahami kondisi transisi ini. Seseorang tidak mungkin bisa menjadi sesuatu jika Allah tidak berkehendak. Saya berharap dan berdoa agar UHO selalu damai dan harmonis siapapun rektornya,” tuntas Prof Usman.

Penulis: La Ode Kasman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
arminareka