basarnas kendari
Sebanyak 60 peserta mengikuti pelatihan potensi dan latihan SAR yang berlangsung di Pulau Bokori. (KABARKENDARI/SUWARJONO)

Kabarkendari.com-Badan SAR Nasional (Basarnas) Kendari menggelar pelatihan potensi SAR water Rescue kepada pada 60 orang potensi SAR. Latihan potensi SAR ini berlangsung sejak Senin 28 sampai 30 November 2016. Untuk materi water rescue dilaksanakan di Pulau Bokori.

Direktur Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan Badan SAR Nasional, Agus Soekarno membuka langsung kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini. “Pelatihan potensi SAR sekaligus sertifikasi selam yang diselenggarakan oleh Kantor SAR Kendari untuk peningkatan sumber daya manusia agar dapat turut serta dalam aktifitas Search and Rescue,” katanya.

Pelatihan dan latihan ini berlangsung selama tiga hari, sesi materi rescue di kelas, kemudian dua hari materi serta orientasi peralatan di Pulau Bokori.

Pelatihan potensi SAR ini sangatlah penting demi meningkatkan koordinasi SAR daerah dengan seluruh komponen yang terkait dengan kegiatan SAR di daerah.

Kapala Basarnas Kendari Amiruddin menambahkan pelatihan dan latihan potensi SAR sengaja dilaksanakan dengan tujuan utamanya yaitu peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang ada di Kendari dan sekitarnya. “Jadi kami juga melatih beberapa komponen instansi yang masuk di potensi SAR” katanya.

Sekitar 60 orang potensi SAR dilatih saat ini lanjut Amiruddin, diharapkan jika dikemudian hari terjadi kecelakaan atau bencana di laut, potensi SAR yang telah menerima materi bisa membantu lebih awal jika bencana itu dekat dengan daerah peristiwa.

Editor: Suwarjono

Facebook Comments
arminareka