Kuliner Khas Indonesia
Kuliner Khas Indonesia

Kabarkendari.com – Beruntunglah kita yang tinggal dan besar di Indonesia karena sedari kecil sudah bisa menikmati berbagai makanan bercita rasa lezat dengan taburan beragam bumbu rempah yang membuat rasanya semakin nikmat. Bahkan tidak jarang, karena kelezatan makanan-makanan khas Indonesialah, para turis mancanegara berbondong-bondong mendatangi negara ini. Jika orang luar saja telanjur cinta pada berbagai makanan khas Indonesia dan berusaha mencari berbagai surga wisata kuliner di negeri inI, tentunya Anda juga tidak ingin kalah, bukan?

Bahkan sekarang, banyak orang senang berjalan-jalan ke berbagai tempat hanya untuk mencicipi berbagai rasa makanan lezat yang tersedia di kawasan tersebut. Untuk urusan ini, Indonesia memang memiliki banyak lokasi yang mampu menghadirkan surga wisata kuliner yang berpadu apik dengan berbagai objek wisata alam dan budaya keren, yang membuat Anda jatuh cinta dan ketagihan untuk terus singgah ke kawasan-kawasan tersebut.

Dari sekian banyaknya tempat wisata yang ada di Nusantara, berikut ini adalah lima kawasan terbaik bagi Anda yang mencari surga wisata kuliner di Indonesia. Mendatangi berbagai tempat ini pun tidak sulit sebab berbagai maskapai penerbangan telah memiliki rute ke lokasi-lokasi ini, termasuk Batik Air. Supaya lebih simpel dan mudah, tidak ada salahnya juga jika Anda segera membeli tiket Batik Air di Traveloka guna segera bisa sampai di berbagai lokasi yang menjadi surga wisata kuliner di Indonesia ini. Siap?

1. Siantar

Kuliner Siantar
Mie Siantar

Pernah dong mendengar daerah yang satu ini? Berlokasi di Provinsi Sumatra Utara, Anda bisa memilih terbang bersama Batik Air menuju Bandara Kualanamu jika tertarik mengunjungi surga wisata kuliner yang satu ini. Baru dari Kualanamu, perjalanan ke Siantar dapat dilanjutkan dengan armada transportasi darat. Siap-siap menggendut jika datang ke tempat ini. Bagaimana tidak, di Siantar tersedia berbagai penganan khas yang membuat lidah bergoyang. Uniknya, di kota kedua terbesar di Sumatra Utara ini, Anda bisa menemukan makanan-makanan paduan Batak dan China yang memiliki cita rasa aduhai. Beberapa pilihan makanan yang harus Anda coba ketika ke Siantar, antara lain mi gomak, mi Siantar, dan kopi Kok Tong yang legendaris. Jangan lupa juga mencicipi ketan Srikaya yang membuat ketagihan.

2. Yogyakarta

Kuliner Khas Yogyakarta
Kuliner Khas Yogyakarta

Kota yang satu ini memang selalu mampu menghadirkan kesan teramat baik bagi para wisatawan yang datang. Selain keramahtamahan penduduknya serta keunikan berbagai tempat wisatanya, Yogyakarta juga menyediakan berbagai pilihan kuliner enak yang membuat Anda betah berlama-lama berlibur di tempat ini. Selain enak, keunggulan lain dari berwisata kuliner di Yogyakarta adalah harga-harganya yang sangat terjangkau. Anda tinggal terbang bersama Batik Air menuju Bandara Adi Sucipto, lalu bersiap-siaplah berburu berbagai makanan khas dan populer yang Anda di Yogayakarta. Selain gudegnya, Anda juga harus mencicipi oseng mercon, bakpia, burung dara, hingga sop merah kala berkunjung ke Kota Pelajar ini.

3. Makassar

Kuliner Khas Makassar
Kuliner Khas Makassar

Selain memiliki berbagai spot diving yang luar biasa keren, tanah Sulawesi juga bisa menjadi surga kuliner bagi para penikmat makanan. Salah satu kenikmatan tersebut dapat Anda jumpai kala berkunjung ke Makassar. Di ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini, banyak makanan khas yang bisa membuat Anda ketagihan. Salah jika Anda menganggap hanya coto Makassar yang menjadi menu andalan kawasan ini. Sebab selain itu, masih banyak variasi menu lain yang membuat Makassar layak dinobatkan sebagai salah satu surga wisata kuliner di Nusantara. Beberapa di antaranya, Anda mesti mencicipi konro, pallu basa, papiong, hingga daging burung belibis. Intinya, siap-siap menggendut ketika memutuskan berlibur ke Makassar!

4. Bandung

Kuliner Khas Bandung
Kuliner Khas Bandung

Surga wisata kuliner lainnya bisa Anda jumpai di Bandung. Tempat wisata yang satu ini nyatanya tidak hanya menawarkan berbagai panorama yang mencerahkan hati, melainkan juga menyediakan berbagai hidangan berat dan ringan yang mengeyangkan perut, memuaskan mulut, serta aman di dompet. Yang terkenal di Bandung adalah berbagai makanan berbumbu ringan beserta lalapannya yang membuat nafsu makan meningkat. Selain itu, berbagai jajanan khas ibu kota Jawa Barat ini juga akan membuat Anda ketagihan. Sebut saja berbagai olahan aci dan somay, dijamin Anda pasti rela berkeliling Bandung seharian hanya untuk mencicipi berbagai penganan unik dari Bumi Parahyangan ini.

5. Pontianak

Kuliner Khas Pontianak
Kuliner Khas Pontianak

Lengkap! Satu kata itu yang mungkin dapat mewakili perasaan saat kamu tiba di Pontianak dan menyadari betapa kayanya sajian kuliner di kota yang dilewati garis Khatulistiwa ini. Kamu bisa terbang bersama Batik Air menuju Pontianak dan siap-siap berteriak karena kota ini menyediakan berbagai makanan unik yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu coba, seperti bubur pedas, lek tau san, es krim petrus yang disajikan dalam batok kelapa muda hijau segar. Bagi para pencinta seafood, Anda pun akan berlonjak senang sebab Pontianak menjanjikan berbagai makanan laut sugar dengan cita rasa yang tidak tertandingi, mula dari cumi-cumi, sotong, hingga kepitingnya yang menjadi incaran tiap pelancong. Siap mencobanya?

Hanya satu pesan jika Anda memilih datang ke lima kawasan di atas guna berwisata kulinernya, yakni hati-hati! Ya, Anda harus sangat berhati-hati ketika menikmati berbagai kuliner lezat yang tersedia di kota-kota di atas sebab tanpa sadar, perut Anda akan segera membuncit saking ketagihannya, sekaligus dompet Anda pun bisa langsung menipis saking banyaknya makanan yang memang layak dicicipi.(***)

Facebook Comments
arminareka